fbpx

Ramadan telah tiba, apa yang telah Anda persiapkan untuk menyambut bulan suci ini. Karena bulan Ramadan adalah bulan yang suci serta penuh berkah, alangkah baiknya jika Anda memulai awal puasa ini dengan saling memohon maaf kepada keluarga atau rekan Anda. Di awal berpuasa, banyak yang merasa berat karena belum terbiasa. Berikut ini 4 masalah yang sering muncul di awal puasa dan cara menanggulanginya, dilansir dari inhumanexperiment.blogspot.com.

 

  • Merasa Kelaparan

Rasa lapar jelas wajar jika muncul di awal permulaan puasa. Karena rasa lapar adalah efek utama yang selalu muncul jika Anda berhenti makan. Rasa lapar sebenarnya tergantung pada seberapa banyak Anda makan sebelum puasa dan juga makanan apa yang Anda makan. Kebanyakan orang akan merasa lapar dengan hebat 4 jam setelah makan terakhir, namun akan mereda beberapa jam kemudian, dan juga biasanya rasa lapar tersebut datang di hari pertama dan kedua puasa saja. Jika ingin menghadapi rasa lapar seperti ini, sebaiknya lakukan hal yang positif lainnya, namun hindari aktivitas yang menyerap banyak tenaga.

  • Otak Blank

Beranjak dari rasa lapar, ada tantangan berikutnya yaitu otak terasa blank dan juga kelelahan fisik. Seperti halnya rasa lapar, dampak negatif seperti ini juga akan berlalu. Bahkan dampaknya akan berlalu lebih cepat dibandingkan rasa lapar. Jika rasa lapar bisa Anda atasi dengan memikirkan sesuatu yang menarik, ketika otak terasa blank, Anda memang tidak bisa fokus pada apapun. Agar puasa tidak batal, sebaiknya gunakan untuk istirahat atau sekedar rileks di ruangan Anda.

  • Mulut Kering

Ujian lainnya yang datang selama berpuasa yaitu mulut kering. Solusinya yang jelas tentu saja minum banyak air, namun jika Anda sedang puasa, apa yang harus Anda lakukan? Dalam penelitian ditemukan ternyata mulut kering bukan hanya disebabkan oleh kurangnya cairan tubuh, melainkan juga disebabkan oleh kurangnya nutrisi dalam makanan. Ketika berbuka puasa maupun saat sahur, usahakan Anda mengkonsumsi makanan yang bisa dicerna dengan baik oleh tubuh serta mengandung nutrisi yang bisa menjadi sumber energi selama berpuasa.

  • Mudah Mengantuk

Nah, masalah yang satu ini juga termasuk wajar jika Anda alami selama berpuasa. Apalagi di masa-masa awal menjalankan puasa. Tapi yang perlu Anda tahu, ternyata bukan hanya kurangnya asupan makanan saat puasa, kegiatan yang biasanya dilakukan di malam hari juga bisa menjadi salah satu penyebabnya, jika Anda tidak mengontrol apa yang Anda kerjakan di malam bulan suci Ramadan. Memperbanyak beribadah memang baik, tapi jangan sampai mengganggu aktivitas utama Anda di pagi hari. Sebaiknya atur jadwal kegiatan Anda di malam hari dan pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Selamat menjalankan ibadah puasa!

 
  We hate spam and never share your details.