fbpx

Tepung

Tepung merupakan bahan utama membuat aneka kue. Memilih tepung sebelum membuat kue adalah hal yang wajib dilakukan, karena tepung adalah bahan dasar berbagai jenis kue dan masakan lainnya. Bagaimana caranya memilih tepung yang baik untuk kue kita? Kami akan berbagi tips untuk anda yang bingung saat mencari tepung yang berkualitas. Berikut adalah tips memilih dan menjaga tepung sebagai bahan dasar kue :
  1. Saat  memilih tepung,  Anda wajib memerhatikan warna tepung apakah warna pada tepung tersebut putih, bersih, tidak berbau  dan tidak kering jika dipegang  pastikan tepungnya tidak apek.
  2. Kenali tepung yang akan anda gunakan misal anda akan menggunakan tepung terigu maka anda harus tahu jenis tepung terigu sebelum anda menggunakanya. Karena setiap jenis tepung mempunyai ciri ciri yang berbeda meskipun sepintas nampak sama. ada banyak jenis tepung dari mulai tepung beras tepung ketan tepung sagu gandum. Namun anda tak perlu menghapalnya. Penjual tepung pasti tahu, anda tinggal minta saja.
  3. Pastikan bahwa jenis tepung yang digunakan telah sesuai dengan bahan membuat kue yang kita inginkan,  Jangan sampai anda memasukan tepung yang salah saat membuat kue. Kecuali memang anda ingin berexperimen atau sekedar mencoba sesuatu yang baru.
  4. Ada baiknya anda harus mengayak tepung  lebih dahulu sebelum digunakan supaya kotoran pada tepung tidak ikut terbawa saat kita masak. Termasuk untuk memisahkan tepung yang berkutu dan belum  apek. Tepung seperti ini masih bisa kita gunakan.
  5. Menjemur tepung di bawah terik panas matahari atau menaruhnya pada menggunakan suhu  oven  yang kecil dapat mengatasi  faktor kelembapan pada tepung agar tidak mudah apek.
  6. Jangan lupa selalu menutup kantong tepung jika sudah digunakan.
  7. Agar tidak berbau apek dan tahan lama, simpan tepung di dalam kulkas agar bebas dari kotoran dan sebagainya

Demikian Tips dalam memilih dan menjaga tepung yang bermutu untuk membuat aneka kue. Semoga bermanfaat! 😀

sumber

 

 
  We hate spam and never share your details.