fbpx

agar-talenan-kayu-tidak-berjamur-ini-cara-membersihkannya

Talenan adalah alat dapur yang sangat berguna. Alas memotong  berbagai bahan makanan ini sangat penting, bahkan jika tidak ada talenan, bisa-bisa Anda tidak bisa memasak. Itulah mengapa talenan begitu krusial dalam kehidupan memasak. Saat sedang berbelanja peralatan dapur seperti talenan, kita akan dihadapkan oleh banyak sekali pilihan. Saat akan membeli talenan, kita harus memperhatikan bahan talenan tersebut karena ini menyangkut ketahanan talenan dan juga kebersihannya. Jadi, talenan apa yang paling bagus? Yang terbuat dari plastik, kayu, atau bambu? Berikut ini informasi perbandingan ketiga jenis talenan tersebut yang dilansir oleh thekitchn.com.

  • Talenan Berbahan Plastik

image-75375-1-product

Plastik adalah bahan yang paling aman dan disukai oleh banyak orang. Pertama, karena memang mudah dicuci. Kedua, karena bisa bertahan dalam waktu yang lama. Tapi University of Michigan melakukan sebuah penelitian dan menemukan bahwa ada lebih banyak bakteri yang ditemukan di permukaan talenan plastik yang sudah digunakan daripada yang ada di permukaan talenan kayu. Permukaan talenan plastik yang tergores pisau sangat sulit untuk dibersihkan. Jadi makanan yang Anda potong di atas talenan plastik bisa saja tercampur dengan serpihan-serpihan plastik yang tergores akibat penggunaan pisau.

  • Talenan Terbuat dari Bambu

product-fb-b3-b6-df557210baacfb8724f9c97695

Orang-orang yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan mungkin akan menjadikan talenan bambu ini sebagai pilihan. Bambu memang bisa didaur ulang dan bambu biasanya tidak butuh bahan kimiawi untuk bisa tumbuh dan besar. Meskipun belum ada penelitian khusus tentang kebersihan talenan bambu, tetapi bambu dipercaya bisa menyerap lebih sedikit cairan daripada kayu. Oh ya, karena bambu 19 persen lebih keras dibandingkan talenan berbahan kayu mapel, mungkin akan sulit untuk menggunakannya saat kita memotong makanan dengan pisau. 

  • Talenan Kayu

talenan

Talenan kayu biasanya “ramah” terhadap pisau. Talenan kayu, seperti kayu mapel, tidak akan mudah tergores seperti talenan plastik. Talenan kayu bisa bertahan selama bertahun-tahun asal bisa dirawat dengan baik, yaitu dengan menggunakan minyak mineral yang aman untuk makanan. Tapi hati-hati, tidak semua talenan kayu dibuat dari kayu yang baik. Ada sejumlah talenan kayu yang dibuat dari sisa kayu atau kayu limbah.

  We hate spam and never share your details.