fbpx

Mendengar kabar seorang karyawati yang meninggal akibat bekerja non-stop selama 3 hari, membuat Mama Ina bergidik ngeri. Selidik punya selidik, ternyata salah satu penyumbang kematiannya adalah konsumsi kafein yang tinggi. Nah, daripada kecanduan kafein, ternyata ada banyak makanan yang bisa menggantikan kopi untuk menghilangkan kantuk lho. Dengan makanan pengganti ini, maka Sahabat Ina tidak akan banyak mengonsumsi kopi dan mengurangi resiko kecanduan kafein dan dampak buruk kopi lainnya.

orange-apple-grape-melon-on-white-background

1. Makanan Pedas – Sebenarnya makanan ini bisa membantu mengurangi kantuk. Namun, jangan konsumsi makanan pedas dalam jumlah yang berlebihan karena bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan meski Sahabat Ina tahan dengan rasa pedas. Memberikan sedikit rasa pedas pada makanan bisa merangsang sirkulasi darah dan membuat kita tetap segar.

2. Dark Chocolate – Pilih cokelat hitam sebagai salah satu makanan penghilang kantuk. Dengan makan cokelat, bisa meningkatkan semangat karena cokelat mengangkat hormon-hormon bahagia dalam diri. Hindari cokelat yang kaya akan pemanis karena semakin banyak kandungan kakao daripada kandungan gula, akan semakin bagus.

3. Makanan Asam – Pilihlah makanan yang mengandung lemon, asam, atau jeruk. Makanan seperti ini bisa membantu menyuplai vitamin C dan sensasi rasanya bisa membuat mata yang tadinya selalu ingin ‘merem’ jadi kembali ‘melek’.

4. Apel dan Melon – Ternyata konsumsi apel dan melon bisa membantu menahan ngantuk. Konsumsi apel dan melon yang segar serta manis alami bisa menyegarkan mulai dari mulut, kerongkongan, otak, hingga seluruh tubuh. Selain mengandung vitamin, buah apel dan melon sangat nikmat dimakan di sela-sela kebosanan.

5. Air Putih – Masih banyak yang meragukan kekuatan air putih sebagai penghilang kantuk dalam sekejap. Air putih mampu menghidrasi tubuh sehingga ketika meminumnya, dalam beberapa saat rasa kantuk mulai menurun. Lakukan saat  baru bangun tidur dan butuh rasa segar yang instant.

Semoga tips nya bisa mengurangi ketergantungan Sahabat Ina pada kafein.

 
  We hate spam and never share your details.