fbpx

yuk-pintar-memilih-minyak-untuk-memasak

Sahabat Ina, minyak goreng memang merupakan salah satu bahan masakan yang akan selalu ada di dapur. Tapi ternyata masih belum banyak yang tahu tentang jenis-jenis minyak dan manfaat dari beberapa minyak tertentu. Padahal, minyak yang digunakan untuk memasak berpengaruh terhadap kesehatan Anda, lho.

Masyarakat Indonesia biasa memakai minyak sawit untuk memasak sehari-hari. 50 persen dari minyak ini mengendung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol dalam tubuh. Akibatnya, tubuh jadi rentan mengalami kegemukan dan penyakit jantung.

Untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, pilih minyak dengan kandungan lemak yang rendah seperti minyak kanola, minyak jagung, atau minyak zaitun. Minyak yang rendah kandungan lemak jenuh tidak akan membeku saat dimasukkan kedalam tempat bersuhu rendah. Coba saja lihat perbandingan minyak kanola, minyak jagung dan minyak sawit yang dimasukkan dalam kulkas berikut ini.

 

ts-revisi-1

Tidak hanya rendah kandungan lemak jenuh, minyak kanola dan minyak jagung juga tinggi omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung Anda. Itulah mengapa ada baiknya Anda memilih minyak yang lebih bermanfaat untuk memasak makanan sehari-hari keluarga.

Anda tidak perlu khawatir dengan rasa dan aromanya. Minyak kanola yang terbuat dari bunga kanola memiliki aroma yang mirip dengan minyak zaitun. Sementara itu, minyak jagung memiliki aroma yang khas yang akan membuat masakan Anda menjadi lebih sedap.

Untuk hidup yang lebih sehat, selain menggunakan minyak kanola atau jagung, sebisa mungkin hindari mengolah masakan dengan deep frying. Olah masakan Anda dengan menumis, memanggang, atau pan frying. Untuk menjaga penampilan dan kesehatan, why not?

 
  We hate spam and never share your details.