fbpx

Membuat kue kering bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan. Saat melihat hasil kue yang telah dipanggang matang, senyum bisa mengembang karena hasil yang cantik. Tapi bagaimana jika hasil olesan kuning telur tampak pucat atau pecah pada permukaan kue kering?

 

Pemberian olesan kuning telur pada permukaan kue kering, misalnya nastar, kue keju, kue kacang dan lain sebagainya menjadi bagian tak terpisahkan. Tampilan yang berkilau akan membuat kue lebih cerah dan menggoda untuk dinikmati. Agar olesan kuning telur tampak cantik, ikuti tips di bawah ini:

 

Tidak Pucat Lagi

Setiap kuning telur tidak memiliki warna yang sama. Ada beberapa kuning telur yang sudah berwarna kuning dan siap dioleskan pada permukaan adonan kue kering yang sudah dicetak. Ada kalanya kuning telur tampak pucat sehingga hasil yang sama terjadi pada kue kering yang telah dipanggang.

Untuk mengatasi hal ini, tambahkan beberapa tetes (2-3 tetes) pewarna cair makanan khusus kue dengan bantuan tusuk gigi pada kuning telur yang akan digunakan untuk memoles kue. Kocok hingga warna rata dan siap dioleskan.

 

Agar Tidak Pecah

Olesan kuning telur yang pecah disebabkan karena kue kering mengembang ketika dipanggang. Beberapa kue kering memang bisa sedikit mengembang dan ada yang tidak saat dipanggang.

Bila Anda membuat kue kering yang mengembang, masukkan dahulu kue kering ke dalam oven, tunggu beberapa saat hingga mengembang lalu keluarkan dari oven untuk dioles dengan kuning telur. Masukkan kembali kue kering yang telah dioles ke dalam oven hingga matang.

 
Dengan tips tersebut, kue kering Anda tampil cantik dan menggugah selera. Selamat mencoba!

 

egg-white
Sumber: bogasari.com
  We hate spam and never share your details.