fbpx

Hallo mama, saat tidak ada pembantu atau baru ada hajatan di rumah yang membuat Anda harus masak besar, tentunya akan bikin dapur kotor. Membersihkan dapur yang bagaikan kapal pecah tidak mudah dan bisa bikin pusing.

Jangan khawatir, sebenarnya ada beberapa kitchen hack atau trik untuk menyiasati dapur saat sedang kotor. Anda bisa menggunakan beberapa trik dasar berikut ini agar tak perlu pusing lagi saat hendak membersihkannya.  Yuk simak!

1. Posisikan Pada Tempatnya

Sebagai hal mendasar, pastikan Anda memposisikan semua bahan makanan dan peralatan dapur pada tempatnya. Tempat penyimpanan berupa rak atau lemari sangat memudahkan Anda untuk menjaga semua barang dan bahan pada tempatnya. Posisikan semuanya dengan baik agar lebih mudah Anda mengklasifikasikan penempatan saat akan membereskan barang dan bahan di dapur.

1

2. All Purpose Cleaner

Gunakan pembersih dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan peralatan dapur dan ubin atau meja dapur sekaligus. Gunakan lap serbaguna atau spons kualitas bagus yang memudahkan Anda untuk membersihkan dapur dan peralatan masak.

5

3. Penyerap Bau

Penggunaan penyerap bau sangat bermanfaat. Anda bisa melakukan satu kali proses pembersihan tanpa harus mengepel bila memang belum diperlukan. Selebihnya, serahkan pada penyerap bau yang bisa membantu Anda mengatasi aroma kurang sedap.

4. Kantong Sampah

Yang ini sedikit butuh kedisiplinan. Apapun yang Anda buang, tempatkan pada kantong plastik. Pisahkan menjadi sampah basah dan kering bila memungkinkan. Sebelum cuci piring, sisa makanan dibuang do kantong tersebut. Anda tak akan butuh waktu ekstra untuk memisahkan satu per satu sisa makanan atau sisa masakan. Menyapu dan mengepel pun jadi lebih mudah.

4

5. Keep Smile

Anda bisa membuat dapur lebih simple. Dapur yang kotor itu seru karena Anda sering memasak. Tapi, menjaga kerapihan juga penting. Kalau Anda kurang bisa menata ruang dapur yang rumit, sederhanakan barang-barang yang menghuni dapur tersebut. Selain itu saat memasak, Anda bisa menyederhanakan tempat yang digunakan untuk memasak, sehingga tak menjadi PR tambahan saat mencucinya.  

7

  We hate spam and never share your details.