fbpx

Sahabat Ina, pernahkah mengalami seusai bekerja tetapi masih banyak hal yang belum sempat dikerjakan? Apakah diri Anda memiliki moto selalu sibuk seperti ‘lebah‘? Dan jika Anda melakukannya, apakah Anda sudah seproduktif lebah? Atau bahkan Anda berharap dalam satu harinya adalah 30 jam bukan 24 jam? Dan apakah waktu sangat berharga untuk Anda? Jika jawaban atas semua pertanyaan … Continue reading 7 Cara Membuat Pekerjaan Anda Lebih Produktif Dan Efektif

11

Sahabat Ina, pernahkah mengalami seusai bekerja tetapi masih banyak hal yang belum sempat dikerjakan? Apakah diri Anda memiliki moto selalu sibuk seperti ‘lebah‘? Dan jika Anda melakukannya, apakah Anda sudah seproduktif lebah? Atau bahkan Anda berharap dalam satu harinya adalah 30 jam bukan 24 jam? Dan apakah waktu sangat berharga untuk Anda?

Jika jawaban atas semua pertanyaan di atas adalah iya, maka kami berikan tips dan trik agar perkerjaan anda bisa lebih produktif dan efektif setiap harinya.

  • Hindari Semua Gangguan

SMS, BBM, email dan jearing sosial lainnya merupakan gangguan umum yang sering terjadi di tempat kerja. Tetap fokus pada pekerjaan Anda dan biarkan handphone tetap pada mode silent dan log off dari jejaring sosial. Kecuali jika memang pekerjaan Anda berkaitan dengan jejaring sosial, Anda dapat tetap mengaktifkan semua akun media sosial yang Anda perlukan sebagai pekerjaan utama saja. Semua ini akan membantu Anda menjadi lebih fokus pada pekerjaan yang produktif, efektif dan dapat selesai dengan tepat waktu.

  • Teliti dan Ingat

Teliti dan perhatikan apa yang sedang dikerjakan untuk menghindari kesalahan.Bukalah pikiran Anda mengenai hal yang berkaitan dengan tugas yang sedang Anda kerjakan, jangan sampai memikirkan hal lain yang tidak berkaitan.

  • Membuat Log Aktivitas

Tuliskan berapa lama waktu yang diperkulan untuk mengerjakan semua aktivitas/tugas Anda setiap harinya selama seminggu. Dengan begitu Anda dapat mengetahui hal-hal apa saja yang menghabiskan waktu terlalu lama, setelah itu kenali cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya lebih efisien sehingga produktifitas dan efektifitas bertambah.

  • Jangan Melakukan Pekerjaan Secara Berbarengan (Multitasking)

Penelitian menunjukkan bahwa  berpindah-pindah dari tugas satu ke tugas yang lainnya lebih dari 10 kali dalam sehari berpotensi membuat diri Anda tidak produktif dan efektif. Karena saat melakukan pekerjaan yang multitasking, nilai IQ Anda berkurang rata-rata sepuuh point (minus 5 point unntuk wanita dan 15 point untuk pria). Jadi, hindari berpindah-pindah tugas dari satu tugas ke tugas yang lainnya karena akan membuat waktu penyelesaian tugas Anda semakin lama. Lebih baik berkonsentras pada beberapa tugas perharinya agar lebih cepat selesai.

  • Bekerja Pada Kecepatan Anda Sendiri

Sebagian orang cenderung membandingkan hasil yang diperoleh dirinya sendiri dengan hasil yang didapatkan oleh orang lain dan selalu ingin bersaing dengan mereka. Jangan biarkan orang lain atau siapapun mendikte bagaimana Anda bekerja, tetapkan tujuan Anda sendiri dan fokus pada apa yang Anda kerjakan.

  • Ambil Napas Dalam-dalam

Setiap kali Anda merasa buntu atau pikiran melamun jauh ke hal yang lain yang tidak penting, maka yang perlu dilakuka adalah mengambil napas dalam-dalan dan mengeluarkannya selama beberapa kali sampai Anda dapat kembali menjadi terfokus pada pekerjaan.

  • Beristirahat Setelah Bekerja

Seberapapun banyaknya pekerjaan yang ada di tangan Anda, Anda memerlukan istirahat setelah menyelesaikan suatu tugas sebelum dapat memulainya secara produktif dan efektif lagi. Konsumsi makanan sehat sebagai sumber glukosa untuk otak dan minum kopi supaya tubuh menjadi segar dan tidak cepat lelah.

TOP

Customer Service
Call / SMS
Whatsapp
Join Waitlist We will inform you when the product arrives in stock. Just leave your valid email address below.
Email We won't share your address with anybody else.
X
  We hate spam and never share your details.